Cryptografi

1. PENDAHULUAN

Digital watermarking adalah teknik untuk menyisipkan informasi yang disebut watermark ke dalam dokumen multimedia (citra, audio, atau video). Digital Watermarking mempunyai banyak aplikasi, antara lain untuk bukti kepemilikan, otentikasi, perlindungan copyright, fingerprinting, dan tamper proofing.

2. SISTEM KRIPTOGRAFI KUNCI-PUBLIK

Pada sistem kriptografi kunci-publik, kunci kriptografi dibuat sepasang, satu kunci untuk enkripsi dan satu kunci untuk dekripsi.

Kunci untuk enkripsi diumumkan kepada publik sehingga dinamakan kunci publik (public-key), sedangkan kunci untuk dekripsi bersifat rahasia sehingga dinamakan kunci privat (private key). Kunci privat diturunkan dari kunci publik, tetapi pengetahuan mengenai kunci publik tidak dapat digunakan untuk menemukan kunci privat.

Misalkan E adalah fungsi enkripsi dan D adalah fungsi dekripsi.

Misalkan (e, d) adalah sepasang kunci publik dan kunci privat untuk enkripsi dan dekripsi.

Pesan M dienkripsi dengan e menghasilkan cipherteks C = Ee(M). Penerima pesan menggunakan d untuk mendekripsi cipherteks C menjadi plainteks M = Dd(C) = Dd(Ee(M)). Kedua persamaan ini menyiratkan bahwa dengan mengetahui e dan c, maka secara komputasi hampir tidak mungkin menemukan m.

Asumsi lainnya adalah secara komputasi hampir tidak mungkin menurunkan d jika e diketahui. Ee digambarkan sebagai fungsi pintu-kolong (trapdoor) satu-arah dengan e adalah informasi trapdoor yang diperlukan untuk menghitung fungsi inversinya, D, yang selanjutnya membuat proses dekripsi dapat dilakukan.

Salah satu algoritma kriptografi kunci-publik yang terkenal adalah algoritma RSA, pembahasan algoritma ini dapat ditemukan di dalam.Salah satu kegunaan kriptografi kunci-publik yang penting adalah tanda-tangan digital (digital signature). Dalam hal ini, nilai hash dari pesan dienkripsi dengan menggunakan kunci privat pengirim (hasil enkripsinya disebut tanda-tangan digital), lalu tanda-tangan digital dilekatkan di dalam pesan.

Di sisi penerima, verifikasi tanda tangan dilakukan dengan cara mendekripsinya menggunakan kunci publik pengirim, lalu hasilnya dibandingkan dengan nilai hash dari pesan.

Beberapa agoritma kunci. perluasan dari skema spread spectrum watermarking simetri yang diterapkan pada video digital. Idenya adalah membuat sebagian dari kunci privat menjadi publik. Penerima hanya dapat mendeteksi bagian watermark yang publik.

Kelemahan teknik ini, penerima juga dapat menghapus bagian watermark ini. Meskipun bagian watermark lainnya tidak berubah, detector watermark tidak dapat lagi mendeteksi keseluruhan watermark. Ini berarti pendeteksi watermark hanya dapat bekerja sekali dan sesudah itu kunci publik tidak bisa digunakan lagi.

2.1 Legendre watermarking

Schyndel dkk di dalam [6] mempresentasikan skema pertama mengenai penggunaan autokorelasi, yang didasarkan pada penyisipan barisan Legendre.

Dalam hal ini, kunci privat yang sekaligus sebagaiwatermark, adalah barisan Legendre dan kunci publiknya adalah panjang barisan (p). Barisan Legendre ini disisipkan ke dalam data multimedia. Barisan Legendre invarian di dalam transformasi Fourier, karena itu barisan ini berkorelasi dengan transformasi Fourier konyugasinya. Sayangnya teknik ini dapat diserang dengan exhaustive attack [3], karena hanya terdapat p – 2 barisan Legendre berbeda. Kelemahan lainnya, barisan Legendre hanya ada untuk bilangan prima saja.

2.2 Eigenvectos watermarking

Teknik ini diusulkan oleh Eggers dkk di dalam [3], yang dalam hal ini watermark adalah vektor eigen dari sebuah matriks transformasi. Vektor eigen disisipkan ke dalam data multimedia.

Vektor eigen berkorelasi dengan matriks transformasi tersebut. Kunci privat adalah vektor eigen dari matriks transformasi sedangkan kunci publiknya adalah matriks transformasi itu sendiri.

3. PUBLIC-KEY WATERMARKING

Public-key watermarking mengadopsi konsep yang terdapat di dalam sistem kriptografi kunci-publik, karena watermark dapat dipandang sebagai signature dari sinyal digital. Gambar 2

memperlihatkan skema umum public-key watermarking

KET: X adalah host signal berupadata multimedia, w adalah watermark, dan X‘ adalah data multimedia yang sudah berwatermark).

Pendeteksian watermark secara sederhana hanya menghasilkan keluaran apakah watermark ditemukan (“1”) atau tidak (“0”). Teknik public-key watermarking ini dilakukan dengan suatu cara sedemikian sehingga :

(a) secara komputasi tidak mungkin menghitung kunci privat dari kunci publik, dan

(b) kunci publik tidak dapat digunakan oleh penyerang untuk

menghilangkan watermark. Watermark yang bersifat public dapat dibaca oleh siapapun yang

memiliki kunci publik, tetapi hanya orang yang memiliki kunci privat yang dapat menghilangkan

watermark dari data digital dan memperoleh kembali data digital awal yang bersih (tanpa watermark).

Diskusi

5 thoughts on “Cryptografi

  1. implementasi d programnya gmn mas? give me references please!

    Posted by siti | Maret 26, 2010, 3:28 am
    • Salam kenal swdri siti:
      Sebenarnya sudah banyak program-program enkripsi dan dekripsi yang mudah didapatkan di media online, silahkan saja download programnya dengan cara searching download program enkripsi dekripsi data. dan setelah di download pasti akan mengetahui sendirinya apabila programnya dijalani,yang mana ada menu bertulisan enkripsi dan dekripsi.

      Posted by roniamardi | Agustus 6, 2010, 5:19 am
  2. Terimakasih buat masukanya!!

    Posted by roniamardi | Januari 19, 2012, 1:48 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Pengertian CybercrimeCybercrime adalah tidak criminal yang dilakkukan dengan | galihwdyaningtyas - Mei 1, 2013

  2. Ping-balik: Makalah Keamanan Data | Hizu - Januari 4, 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

worthofweb.com/ebooks

%d blogger menyukai ini: